Amoplusmagz
FANTASTIC FANTASTIC
Dari deretan komponen audio yang dipasang installer dan mengusung sistem car audio 4 way sebagai pilihan tersimak bakal menjanjikan kualitas suara yang lebih realistis... FANTASTIC

FANTASTIC

Jakarta, amoplusmagz.com – Komponen audio mulai melekat pada mobil dimulai pada era 1930-an saat radio mulai dipasang di mobil. Pada saat itu, hal ini sangat menarik. Namun ketika musik mulai meningkat, kebutuhan terhadap audio juga meningkat. Memasuki era 60-an, sebuah solusi terbuka untuk audio menjadi lebih baik. Muncullah tape yang memutar kaset, kemudian CD player yang memutar CD, dan berlanjut file audio streaming. Teknologi yang terus berkembang juga menerpa mobil yang menjadi tempat audio dipasang. Setelah beberapa dekade, mobil hanya berbahan bakar bensin atau solar, saat ini, mobil ditenagai listrik. Lanskap industri otomotif pun berubah dengan pesat seiring dengan semakin banyak mobil listrik/hibrida yang masuk ke pasar setiap tahunnya.

Perubahan mendasar ini membuat banyak pemilik mobil bertanya-tanya apakah mereka dapat meningkatkan sistem audio mobil mereka semulus yang mereka lakukan pada kendaraan bertenaga bensin biasa? Pertanyaan ini pun dijawab installer CARTENS AUTOSOUND Jakarta saat sang installer membangun car audio dalam mobil listrik Hyundai IONIQ 5.

CARTENS-AUTOSOUND-amoplusmagz
Oops...
Slider with alias cuteslide2 not found.
Oops...
Slider with alias runslide2 not found.

Sebagai sumber audio yang menjadi “jantung” hiburan dalam mobil, installer menggunakan DAP (Digital Audio Player). DAP merupakan perangkat elektronik yang memproses sinyal audio digital menjadi sinyal analog. Perangkat ini dirancang untuk memutar file audio digital seperti format FLAC hingga WAV dan  digunakan oleh para penggemar audio yang mengutamakan kualitas suara apik dan ingin mendengarkan musik resolusi tinggi. Adapun DAP yang dipasang installer adalah Astell&Kern 3000T yang dilengkapi Streamer chord 2yu2go, DAC chord Hugo tt2, serta Mscaler chord electronics.

Sebagai pengolah sinyal dari DAP, installer menempatkan DSP Alpine Status HDP D90. DSP ini menggunakan konsep teknik dan desain yang sama yang diambil dari generasi ketiga, sistem Status AlpineF#1 Resolusi Ultra Tinggi, Alpine menciptakan “Alpine Status” untuk mencapai Suara Resolusi Tinggi dengan cara yang lebih mudah didekati dan titik harga yang terjangkau. DSP HDP-D90 memiliki laju pengambilan sampel internal 192kHz/32Bit dan bandwidth audio ultra lebar 10Hz-110kHz untuk mereproduksi suara pada spesifikasi resolusi tinggi yang diinginkan. Desain yang dirancang, seperti sasis berlapis tembaga, meningkatkan rasio signal-to-noise hingga >110dB dan meminimalkan noise dan distorsi selama pemutaran.

HDP-D90 berisi Generator Jam Osilator Kristal di inti unit yang melacak dan menyelaraskan informasi digital untuk menghilangkan jitter (kesalahan waktu) dan mereproduksi suara secara akurat. DSP memiliki beberapa opsi masukan untuk pembangunan sistem yang fleksibel. DSP memiliki 12 saluran input tingkat tinggi yang memungkinkan Head Unit pabrik tetap dipertahankan.

DSP juga memiliki input optik untuk menambahkan Media Player Alpine Status HDS-990 atau input analog untuk Head Unit aftermarket lainnya. HDP-D90 (bila digunakan dalam mode stand-alone) juga dapat menerima musik yang dikirim langsung dari smartphone dengan streaming nirkabel Bluetooth. Meskipun HDP-D90 memiliki 12 saluran amplifikasi (8x 50W x 4x 80W) dan dapat digunakan untuk memberi daya pada seluruh sistem, 10 saluran output RCA dapat digunakan untuk menambahkan amplifier Status Alpine untuk menambah daya atau membangun sistem.

DSP ini diperkuat amplifier Audison Thesis Quattro sebanyak dua buah. Power amplifier Audison TH Quattro dilengkapi 4-channel yang fully adjustable dan bisa diatur sepenuhnya oleh internal microprocessor sehingga tercipta kombinasi sempurna antara teknologi analog tingkat tertinggi dan fitur canggih dari teknologi digital dalam satu power amplifier.

Baik DSP maupun power amplifier menguatkan sinyal yang siap direproduksi barisan driver yang mengusung konsep 4 way dengan menempatkan empat buah driver yang terdiri dari speaker Focal Utopia M 3 way dan tambahan super tweeter genetic untuk menangani frekuensi yang lebih tinggi. Plus,  subwoofer Focal Utopia m 10 inch.

Untuk koneksi perkabelan, installer memasang Gothic, BNC Wave Fidelity, serta kabel power Harmonic Harmony. Komponen pendukung lain yang juga dipasang installer meliputi sekring alias fuses Ghothic, power supply NRG 100farad x2, serta VSS Harrison labs.

Dari deretan komponen audio yang dipasang installer dan mengusung sistem car audio 4 way sebagai pilihan tersimak bakal menjanjikan kualitas suara yang lebih realistis dan fantastic dalam kabin Hyundai Ionic 5.

Your email address will not be published. Required fields are marked *