Amoplusmagz
Super SQL  Super SQL 
Konsep "aliran" SQL dengan intensitas dari Sound Quality yang ditambah level desibelnya alias dibuat lebih kencang suaranya pastinya bisa lebih dinikmati saat show off dan hangout.... Super SQL 

Super SQL 

Jakarta, amoplusmagz.com – Menggabungkan kualitas audio yang apik dan jernih dengan volume yang kencang menjadi karakter SQL (Sound Quality Load). Tak heran, bila SQL menggunakan lebih banyak speaker dan subwoofer dengan tujuan menghasilkan keluaran audio mulai dari frekuensi rendah sampai tinggi biasanya terdengar seimbang. Konsep sistem car audio yang menggabungkan audio Sound Pressure Level (SPL) dan Sound Quality (SQ) inilah yang diusung installer Boy Audiocreations Jakarta.

Audiocreations-amoplusmagz
[rev_slider_vc alias=”cuteslide2″][rev_slider_vc alias=”runslide2″]

Setelah sukses memodifikasi sistem car audio Honda Brio yang dikenal sebagai “Semut Merah” yang berhasil meraih Champion bergengsi dalam sebuah kompetisi Amoplus Sound Competition (ASC), tahun silam, installer Boy Audiocreations Jakarta kembali mengusung konsep sistem audio yang sama saat memodifikasi sistem car audio beraliran SQL dalam mobil Mitsubishi Pajero milik customer,  sebut saja Mr 574,seorang pengusaha muda dan penikmat audio asal  Indonesia Timur yang kini sukses berkarier di ibu kota.

Dalam mengaplikasikan SQL dalam mobil Mitsubishi Pajero, Boy menggunakan Kenwood DDX 918WS sebagai “otak” sistem car audio SQL yang dibangun. Head unit berbasis android yang memiliki ukuran diagonal layar 6,75 inci wide screen resolusi tinggi (1280H x 790V) ini memiliki dimensi fisik panjang 152,1 mm dan lebar 79,5 mm. Head unit ini mampu memutar format audio seperti Linear PCM, Dolby Audio, MP3, WMA, AAC, WAV, FLAC, dan Vorbis, serta Video berformat MPEG1, MPEG2, MPEG4, WMV, H.264, dan MKV. Koneksinya biasa melalui USB 2.0, Bluetooth, HDMI, dan Smartphone mirroring (Air Mirroring) via WiFi dengan Standar Aplikasi Android Auto & Apple Car Play. Untuk mengolah audio, model ini didukung 13-band EQ, Digital Time Alignment, 3-way xover modes, dan High Voltage 5.0V 3 Preouts.

Untuk mengolah keluaran sinyal dari head unit, Boy memasang processor Musway Tune 12 DSP.

Model ini sudah dilengkapi dengan pre amplifier output sebanyak 12 channel dan tentunya crossover, time delay (time alligment) dan juga equalizer. Seperti diketahui, kehadiran MUSWAY TUNE 12 ini terinspirasi dari sebuah keyakinan untuk menciptakan sebuah produk dengan kemampuan yang sangat tinggi yang didukung oleh penggunaan komponen-komponen berkualitas terbaik di dalamnya.

MUSWAY TUNE 12 didukung penggunaan 3 set Burr-Brown konverter seri PCM 3168 A yang sangat memungkinkan untuk mengoptimalkan kinerja dari masing masing channel yang ada dan memungkinkan untuk dapat digunakan melalui beberapa sumber input yang berbeda.

Model ini dilengkapi dengan DSP chip terbaru dari MUSWAY yaitu AD-AU 1452 yang memungkinkan untuk menghasilkan kualitas suara yang jernih, bebas dari distorsi, dan menghasilkan kualitas suara yang sangat maksimal terutama bagi para penggemar musik dengan kualitas setara Audiophile.

Processor Musway Tune 12 DSP. tersebut diperkuat amplifier Momentum dalam tiga model berbeda sebanyak lima buah. Tiga model amplifier tersebut terdiri dari Momentum SXi.800.4 satu buah; Momentum 4 Channel SXD 4000.4 sebanyak dua buah; dan Momentum MH5000 mono sebanyak dua buah. Sejatinya, ketiga model amplifier ini menguatkan daya untuk keluaran audio yang bakal direproduksi speaker di deretan depan (front) serta deretan belakang (rear).

Dalam deretan depan atau front, speaker yang digunakan adalah speaker 3 way GramonD  R1  sebanyak satu set.

Desain yang dirancang pada model speaker ini merupakan kombinasi antara sepasang tweeter dengan resonansi rendah dan coated paper cone midbass dengan high sehingga harmonisasi suara yang dihasilkan cold paper sound menjadi kunci dari Gramond R-1 untuk memberikann  sebuah netralitas dan akurasi suara vokal dan segala jenis instrument musik.

Gramond sebagai salah satu pembuat loadspeaker yang selalu inovatif dalam menghadirkan produknya. Gramond R-1 didukung dengan driver tweeter gold dengan diameter surround 20 ml. Keistimewaan dari tweeter ini, frekuensinya bisa sampai 20Khz tetap naik [lebih tebal], maka jadi lebih nyaman didengernya. Midrange berukuran 3.5 inci, dan woofer berukuran  6.5 inch, dan passive crossover. Dari segi ukuran memang kecil, tapi komponen tersebut mampu menghasilkan suara lebih besar.

Pada deretan belakang atau rear, speaker yang digunakan lebih banyak secara jumlah yang meliputi GramonD ProRange Classic sebanyak dua set serta GramonD CX 10pro sebanyak satu set.

Seri Prorange dari GramonD memang dikenal baik di kalangan pecinta car audio tanah air, khususnya mereka yang bermain dengan aliran SQL. Hampir di setiap gelaran kompetisi, seri ini  sering menjadi pilihan dan mudah dijumpai  dalam mobil-mobil. Prorange merupakan salah satu seri produk yang dikembangkan Gramond yang dirancang khusus untuk diaplikasikan di ranah SQL. Tak heran, bila kali ini, installer pun menempatkan Prorange, tepatnya  GramonD ProRange Classic sebagai pilihan utama. Sementara itu, speaker PRORANGE CX-10 Pro juga dikenal cocok SQL (Sound quality loud). Dengan diameter 10 inch, model ini siap metreproduksi  suara vokal dan midbass dengan lantang.

Melengkapi speaker,  untuk menguatkan keluaran frekuensi rendah dipasang subwoofer. Tidak tanggung-tanggung, subwoofer yang dipasang pun lebih satu buah, tepatnya empat buah. Adapun subwoofer yang digunakan yang terdiri dari subwoofer Momentum MX128 sebanyak empat buah.

Pemilihan perangkat audio di atas selain untuk sinergi antar-perangkat, menurut Boy, didasarkan juga dengan performa terbaik masing-masing perangkat di kelasnya.

Modifikasi yang dilakukan Boy dengan memasang banyak perangkat memang dimaksudkan biar lebih powerfull, tetapi tetap harus suaranya bagus mulai dari vokal hingga bunyi instrumen musik pendukung. Konsep “aliran” SQL dengan intensitas dari Sound Quality yang ditambah level desibelnya alias dibuat lebih kencang suaranya pastinya bisa lebih dinikmati saat show off dan hangout. Terlebih lagi, didukung sistem motorized yang bisa secara otomatis mengerakkan deretan speaker di deret belakang “keluar” dari bodi mobil Pajero ini. Mmmhhh maka tidak berlebihan satu lagi mobil “SUPER SQL” lahir di Indonesia

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *