Amoplusmagz
Suara Optimal Meski Kabin Minimalis Suara Optimal Meski Kabin Minimalis
Dengan demikian mobil ini telah membuktikan bahwa berkabin minimalis pun bisa mengeluarkan suara yang nyaman ditelinga. Semua tergantung pada treatment yang dilakukan, dan tentu... Suara Optimal Meski Kabin Minimalis

Suara Optimal Meski Kabin Minimalis

Siapa bilang kabin yang kecil tak bisa bersuara merdu ?

Bandung, amoplusmagz.com – Salah satu kendala yang dihadapi oleh para installer ketika hendak membangun sistem audio mobil adalah kondisi kabin yang sempit. Biasanya kondisi seperti ini akan sedikit menyulitkan mereka dalam hal melakukan penataan suara. Toyota Calya bisa dikatakan sebagai mobil dengan area kabin yang terbilang kecil. Namun beberapa waktu lalu di workshop Folks Audio Bandung kami menemukan sosok mobil ini telah diupgrade audionya. Dengan spesifikasi yang dimilikinya bisakah suara merdu dikeluarkan dari sistem audio di dalamnya?

folks-auido-amoplusmagz
[rev_slider_vc alias=”cuteslide2″][rev_slider_vc alias=”runslide2″]

Pada dasarnya mobil ini adalah mobil harian. Dalam arti lain masih sering dipergunakan pemiliknya beraktifitas sehari-hari. Karena hal itu proses perombakannya pun dilakukan tidak terlalu “pol-pol-an”. Tidak sampai merubah fungsi utama dari mobil itu sendiri. Hanya menambahkan beberapa perangkat tambahan saja, mengisi spot kosong yang telah tersedia pada mobil ini.

Tempat head unit masih diisi oleh piranti OEM bawaan mobil. Sang pemilik merasa performanya masih terbilang cukup untuk mengakomodir kebutuhan source pada mobil ini. Kemudian di mobil ini terpasang prosesor Mapletech. Ia dipekerjakan sebagai pengolah suara. Fitur yang diberikan cukup melimpah. Dari mulai time correction, parametric equalizer, crossover, dan lain sebagainya. Terkait aplikasinya di mobil ini, dengan dipasangkannya perangkat ini suara jadi lebih tertata, rapi, sehingga lebih nyaman untuk didengarkan.

Untuk line up speaker yang diaplikasikan pada mobil ini seluruhnya menggunakan merek Mapletech. Di depan terpasang konfigurasi 2way. Untuk penyusunannya hampir tak jauh berbeda dengan penyusunan speaker 2way pada umumnya. Karena asalkan tidak melenceng terlalu jauh, jika ada sedikit kekurangan pun, semisal pada frekuensi yang terlalu tinggi atau speaker yang berjauhan letaknya, itu masih bisa dibantu oleh fungsi prosesor untuk merapikan suaranya. Khusus untuk penyembur suara bass, di belakang turut ditanamkan subwoofer Mapletech. Ia bersarang dalam box sealed dengan volume yang agak besar, sehingga suara bass yang dikeluarkan terdengar lebih rendah. Satu amplifier mono dipasangkan untuk membunyikan subwoofer. Sementara untuk mendrive speaker 2way dibebankan langsung pada DSP amp Mapletech yang kami sebutkan di atas.

Dengan demikian mobil ini telah membuktikan bahwa berkabin minimalis pun bisa mengeluarkan suara yang nyaman ditelinga. Semua tergantung pada treatment yang dilakukan, dan tentu saja kepiawaian sang installer dalam menutupi “celah” pada mobil tersebut. Apalagi di era sekarang ini. Semuanya sudah serba canggih. Banyak alat telah diciptakan untuk mempermudah para pecinta car audio melakukan pengaturan suara. Sehingga suara yang dikeluarkan bisa sesuai dengan yang diinginkan.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *