Amoplusmagz
Sistem Audio Reference Sistem Audio Reference
kejelian Installer ketika menentukan pemilihan perangkat, menurut kami menjadi salah satu kunci untuk dapat menghasilkan kualitas audio mobil yang mumpuni Sistem Audio Reference

Sistem Audio Reference

Jakarta, amoplusmagz.com – Ketika membangun sistem audio mobil, selain pemilihan produk, kelihaian Sang Instaler akan menjadi kunci sukses dalam menghasilkan settingan suara car audio system. Inilah yang kami lihat dari Installer Begja Autotronic – Jakarta yang melakukan modifikasi sistem audio pada mobil Mazda CX-3 dengan konsep sistem speaker 3-way.

Mazda-CX-3-Begja-Autotronic-amoplusmagz

Seperti kita tahu bahwa untuk mendapatkan kualitas suara audio mobil kelas SQ memang melalui tahapan tertentu melalui proses upgrade komponen maupun settingan, dan di sini pendengar akan merasakan perbedaan suara hasil settingan pertama sampai pada settingan berikutnya, sehingga sistem audio mobilnya siap untuk ikut kontes.

Mazda-CX-3-Begja-Autotronic-amoplusmagz

Setelah beberapa kali merombak sistem audio pada mobil milik Ivan yang sebelumnya juga sudah disetting, namun dengan hasil yang kurang memuaskan, tentunya ini menjadi tantangan tersendiri bagi Bung Yanto selaku Instaler untuk mendapatkan hasil kualitas SQ yang memenuhi harapan.

Mazda-CX-3-Begja-Autotronic-amoplusmagz

Untuk headunit (HU) pada sistem kali ini, mobil Mazda CX-3 menggunakan produk keluaran Sony Hi Res, sedangkan untuk sistem ini menerapkan 2 unit power amplifier, yaitu power amplifier kelas D buatan ARC 1000.6 DSP yang telah didukung prosesor perchannelnya, satu lagi power amplifier keluaran Zapco seri Z150.2 AP, amplifier dua channel berdaya lumayan besar.  Keduanya  memiliki kemampuan yang sangat baik untuk mendukung sistem audio mobil dengan konsep sound quality (SQ), dimana konfigurasi amplifier tersebut dapat mensupply semua jajaran driver yang ada di dalam mobil.

Sebagai ujung tombak, dipercayakan pada sistem speaker 3-way yang terdiri dari tweeter ARC RS 1.0 untuk menhandel frekuensi tinggi,  Midrange ARC RS 3.0 untuk frekuensi tengah, serta Midbas ARC RS 6.0. Ketiga jenis driver ini memang salah satu seri terbaik suguhan ARC Audio yang disiapkan untuk sistem aktik dengan spesifikasi yang akurat.

Perkabelan pada sistem ini menggunakan dua seri keluaran Harmony, seperti kabel RCA Harmony Interlude dan kabel RCA Harmony Concerto, sedangkan untuk kabel strumnya menggunakan merek Stinger. Komponen pengaman lainnya yang tidak kalah penting adalah penggunaan Fuse pusat dari Momentum serta fuse block dari Critical Mass.

Mazda-CX-3-Begja-Autotronic-amoplusmagz

Dari hasil pengamatan tim AmoPlus, sistem audio yang diterapkan di mobil Mazda CX-3 kali ini  memang tidak terlalu rumit, bahkan terkesan cukup sederhana. Namun kejelian Installer ketika menentukan pemilihan perangkat, menurut kami menjadi salah satu kunci untuk dapat menghasilkan kualitas audio mobil yang mumpuni, karena proses setting audio juga sangat mempengaruhi sistem secara keseluruhan, apalagi didukung oleh perangkat yang memiliki reputasi baik, sehingga hasilnya akan optimal.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.