Amoplusmagz
Simpel, Tapi Wah Simpel, Tapi Wah
Dari hasil pengamatan tim AmoPlus pada car audio system yang satu ini, kami dapati sebuah nuansa performa penyajian sistem tata suara dengan konsep cukup... Simpel, Tapi Wah

Simpel, Tapi Wah

Jakarta, amoplusmagz.com – Membangun sistem audio mobil dalam kendaraan dengan lahan yang terbatas diperlukan kecermatan agar tata letak komponen dapat tertata dengan baik tanpa harus merubah estetika, sehingga selain efisien juga masih enak dipandang mata, seperti yang diterapkan pada salah satu jenis kendaraan legendaris BMW X5 kali ini.

F1-Audio-amoplusmagz
[rev_slider_vc alias=”cuteslide2″][rev_slider_vc alias=”runslide2″]

Melihat komposisi serta konfigurasi sistem audio mobil di BMW X5 memang Sang Installer F1 Audio merancang dengan tingkat efisiensi yang baik, sehingga mampu menghadirkan tata suara kelas SQ dengan sistem yang minimalis.

Sistem audio pada BMW X5 menggunakan headunit OEM yang mumpuni untuk menunjang sebagai mesin source dengan kualitas memadai, dimana panel display terpasang di atas dashboard, dengan tampilannya yang eksklusif .

Konfigurasi yang diadopsi pada sistem ini menggunakan konsep 3-way speaker, kesemuanya menggunakan produk Ground Zero dari Plutonium Series, yang pada dasarnya merupakan komponen speaker terpisah, terdiri dari driver tweeter GZPT 28SQ, fullrange GZPX 40SQX, dan driver midbas GZPK 165SQ, dimana jajaran speaker tersebut berada di bagian ruang kemudi.

Untuk mendrive semua komponen driver tersebut di atas, maka digunakan dua unit power amplifier Ground Zero Plutonium GZPA 4SQ yang masing-masing merupakan jenis amplifier 4-channel berbasis Mosfet dan berdaya lumayan besar. Di sini dibagi dalam dua bagian, amplifier pertama untuk menghandel komponen tweeter dan fulrange, dan amplifier kedua untuk mendrive komponen midbas dan subwoofer.

Untuk reproduksi nada rendah, sistem audio ini menggunakan dua unit driver sub 8 inci besutan Ground Zero yang memang dirancang untuk kendaraan BMW dari seri GZCS 200 BMW-SW dengan dimensinya yang pipih, sehingga matching dengan bracket yang ada. Walaupun begitu, subwoofer ini diklaim mampu menghandel frekuensi rendah mencapai 35 Hz!.

Dari seluruh sistem audio mobil yang terpasang, terdapat satu perangkat yang memiliki peran sangat penting, yaitu mesin prosesor DSP, dan kali ini dipercayakan kepada produk Resolut T-DSP yang merupakan jenis prosesor dengan teknologi menggunakan konverter digital-ke-analog ES9038PRO Sabre – salah satu chip terbaik saat ini dengan kualitas 192 kHz/64bit, bahkan dengan dukungan software Resolut DSPTools, proses setting audio menjadi semakin professional.

Dari hasil pengamatan tim AmoPlus pada car audio system yang satu ini, kami dapati sebuah nuansa performa penyajian sistem tata suara dengan konsep cukup simpel, bahkan dengan pemanfaatan komponen berkelas yang ditata sedemikian rupa, sehingga semua komponen memiliki peran aktif walau hanya dikemas secara minimalis, namun mampu menghasilkan  performanya secara maksimal.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *