Amoplusmagz
Morel Supremo Piccolo Lotus : Tweeter Premium Class Morel Supremo Piccolo Lotus : Tweeter Premium Class
Yang unik dari Supremo Piccolo dibanding tweeter sejenis terutama adalah letak koil suara Hexatech™ terletak di bagian luar magnet, artinya kumparan suara mengelilingi magnet,... Morel Supremo Piccolo Lotus : Tweeter Premium Class

Morel Supremo Piccolo Lotus : Tweeter Premium Class

Jakarta, amoplusmagz.com – Setiap komponen audio, khususnya untuk sistem audio mobil memilki peran tersendiri yang nantinya akan menentukan hasil akhir. Seperti halnya untuk dapat menampilkan karakter suara frekuensi tinggi diperlukan driver khusus yang namanya tweeter, dimana peran komponen tersebut tergolong penting untuk menghadirkan kualitas audio yang transparan.

Morel-Supremo-Piccolo-Lotus-amoplusmagz
Oops...
Slider with alias cuteslide2 not found.
Oops...
Slider with alias runslide2 not found.

Kali ini lab AmoPlus kedatangan sebuah komponen audio besutan Morel yang biasanya satu paket sistem speaker 2-way atau 3-way, namun saat ini yang kami terima hanya berupa sepasang driver tweeter dari seri Supremo Piccolo Lotus.

Tidak seperti kebanyakan jenis tweeter pada umumnya, Morel Supremo Piccolo Lotus memiliki tampilan yang cukup unik, karena selain dikemas dengan casing kokoh terbuat dari aluminium, terdapat gril pelindung yang desainnya terinspirasi oleh bunga teratai untuk jaring lubangnya (sesuai namanya Lotus). Gril model bunga  teratai adalah desain yang dilindungi dan terdaftar sebagai kekayaan intelektual Morel.

Dukungan teknologinyapun menjadi perhatian khusus, selain ditopang oleh magnet ganda yang sangat kuat, dimana tweeter jenis soft dome ini dilapisi dengan senyawa Acuflex™ untuk meningkatkan redaman suara yang lebih bersih dan alami serta respons yang lebih akurat. Lapisan tipis tersebut untuk meningkatkan kekakuan dan meminimalkan kerusakan yang ditakuti pada frekuensi tinggi. Bahkan tweeter ini mampu menangani daya masukan hingga 220 watt RMS dengan jangkauan frekuensi yang tergolong superior.

Supremo Piccolo sama dengan yang digunakan dalam sistem speaker komponen Seri Supremo andalan Morel lainnya. Dengan kata lain, ini adalah jenis tweeter terbaik yang dibuat Morel — karena Morel membuat setiap tweeter Supremo Piccolo melalui proses manual dan mengujinya untuk memenuhi standar premium dari Morel.

Tweeter berdiameter 28 mm ini juga di support teknologi External Voice Coil (EVC™) untuk memaksimalkan ukuran kumparan suara di tweeter ini agar penyebaran panas yang lebih baik dan penanganan daya lebih optimal. Selain itu kumparan suaranya terbuat dari 100% kawat aluminium yang berbentuk seperti sarang lebah, voice coil Hexatech™ mengurangi celah udara di gulungan coil, sehingga meningkatkan efisiensi hingga 20%. Karena ringan, kumparan suara Hexatech™ memiliki kinerja respons transien yang cepat .

Yang unik dari Supremo Piccolo dibanding tweeter sejenis terutama adalah letak koil suara Hexatech™ terletak di bagian luar magnet, artinya kumparan suara mengelilingi magnet, tidak seperti jenis driver lainnya yang umumnya berada di dalam magnet. Teknologi ini di klaim agar semua energi magnet dimanfaatkan oleh kumparan suara dan tidak hilang di luar driver.  Efisiensi yang lebih besar berarti lebih banyak daya yang dicurahkan untuk reproduksi suara berkualitas lebih baik.

Spesifikasi :
28 mm Exotic Inverted Tweeters w/ Lotus Grilles
Nominal Impedance (Ohm): 6
Power Handling : 220 Watt RMS
Max Transient Power Handling W (10ms): 1000
Sensitivity (2.83V/1M) dB: 93
Frequency Response: 1400-25.000 Hz
FS: 900 Hz
Voice Coil Diameter : mm (inch): 28 (1.125)
Voice Coil Former: Aluminum
Voice Coil Wire: Hexatech Aluminum
DC Resistance: 5.2 Ohm
Magnet System: Neodymium flat pancake design
Dome Type: Acuflex
Unit Diameter : 67mm (2.6 inch)
Mounting Depth : 32 mm (1,25inch)
Mounting Cutout: 55 mm (2.16 inch)
Net Weight : 0.35 Kg (0.77 lb)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *