Amoplusmagz
Konsep Active 3-Way Konsep Active 3-Way
Hasil setting audio persembahan Installer Prisma AutoSound, terkesan konsep Sound Quality (SQ) yang diterapkan memang cukup kental, dimana penerapan pemasangan komponen yang tidak terlalu... Konsep Active 3-Way

Mengemas Sistem Audio Dengan Kelas Premium

 

Jakarta, amoplusmagz.com – Pada car audio system kali ini, tim amoplusmagz.com akan mengulas salah satu mobil hasil seting audio dari Installer Prisma AutoSound – Jakarta Barat, yaitu sebuah kendaraan sedan Mercedes-Benz dengan konsep tata suara sistem 3-jalur.

Di dalam mobil tersebut di atas, kami menelusuri komponen yang digunakan pada sistem audionya, dimana untuk mesin sourcenya menggunakan headunit Alpine UTX-A09 yang kami rasa sangat cocok untuk mobil kelas premium, dimana bukan sekedar multimedia player biasa, namun sudah ditunjang fitur-fitur hi-res dalam audionya.

Prisma-AutoSound-amoplusmagz

Sebagi pengolah sinyal audionya, dipercayakan kepada Helix DSP ultra yang merupakan prosesor DSP berbasis audio dengan arsitektur 64-bit dipadu dengan Helix Director sebagai kontrolernya.

Prisma-AutoSound-amoplusmagz

Untuk speaker utamanya, mengadopsi speaker keluaran Focal, dimana untuk midbas  menggunakan seri 165W XP yang sebenarnya sudah include dengan tweeter Focal Beryllium, namun untuk konfigurasi 3-way, maka ditambahkan Focal Utopia Beryllium Midrange sebagai medium frekuensi tengah. Dimana khusus midrange dan tweeter di pasang di bagian sisi pilar terpisah dengan driver midbas yang dipasang pada bagian doortrim.

Prisma-AutoSound-amoplusmagz

Ketika dibuka bagian bagasi belakang, terlihat sebuah kotak subwoofer 10 inci dengan posisi driver up-firing. Inilah subwoofer JL Audio 10W6v3 yang diklaim mampu menghandel daya masukan mencapai 600 Watt. Desain kotaknya memang terkesan unik dan standar dengan saputan warna merah dan menggunakan grill yang masih dapat menampilkan sosok drivernya.

Subwoofer di atas tentunya tidak bekerja sendiri, karena diperlukan sebuah penguat daya tersendiri. Dan sebagai penopangnya dipercayakan pada Power Monoblok Harmotech dari seri tertingginya T1 yang sepertinya akan matching dengan subwoofernya, karena mampu menghasilkan daya keluaran mencapai 600 watt pada impedansi 4 Ohm.

Konfigurasi sistem 3-way yang dikemas secara aktif memang diperlukan penguat daya tersendiri, wajar saja kalo untuk sistem kali ini menggunakan tiga unit power amplifier Harmotech T2 yang masing-masing menghandel driver  tweeter, midrange, dan midbas melalui setting crossover aktif sesuai titik potong frekuensi yang diinginkan. Soal perkabelan, untuk RCA dan kabel speaker dipercayakan pada merek Pitch & Timbre, sedangkan untuk kabel power dipakai Tchernov berukuran 4 AWG.

Prisma-AutoSound-amoplusmagz

Hasil setting audio persembahan Installer Prisma AutoSound, terkesan konsep Sound Quality (SQ) yang diterapkan memang cukup kental, dimana penerapan pemasangan komponen yang tidak terlalu rumit, namun lebih kepada setting audio dengan penggunaan komponen berkelas yang tepat, maka dihasilkan kualitas suara yang sekelas dengan mobilnya .

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.