Amoplusmagz
Konfigurasi Audio Sistem 3-Way Kelas SQ Yang Efisien Konfigurasi Audio Sistem 3-Way Kelas SQ Yang Efisien
Dari hasil pengujian sistem tata suara yang menggunakan komponen pilihan tersebut, memang tak lepas dari kejelian Sang Instaler yang ingin mendapatkan panorama panggung alias... Konfigurasi Audio Sistem 3-Way Kelas SQ Yang Efisien

Konfigurasi Audio Sistem 3-Way Kelas SQ Yang Efisien

Jakarta, amoplusmagz.com – Dalam membangun sistem audio mobil, tentunya diperlukan kesesuain komponen yang tepat agar diperoleh hasil optimal. Kali ini tim AmoPlus mencoba hasil modifikasi  dari Workshop AJM Audioworks Jakarta, atau tepatnya berada di jalan Raden Inten 2 No,102, Duren Sawit , Jakarta Timur yang kali ini meng”garap” salah satu mobil keluaran Honda Jazz warna merah.

honda-jazz-ajm-audioworks-amoplusmagz.

Setelah kami telusuri, bagian komponen audio yang diterapkan pada sistem ini tergolong cukup simpel, dari head unitnya yang menggunakan produk Kenwood sampai pada amplifiernya yang dipercayakan pada dua unit Ground Zero GZUA 150 SQ Plus, Hanya untuk prosesor mengandalkan Venom Audio  Vpr2 MKII yang merupakan jenis prosesor murni yang dapat disetting untuk pengaturan audio secara keseluruhan.

Penggunaan Kenwood DDx9019 sebagai mesin source-nya, selain telah didukung fitur terkini, memiliki layar cukup besar untuk bernavigasi. Komponen speaker yang terpasang di pilar depan kanan dan kiri memadukan driver tweeter Focal Be  dan midrange Gramond audio, sedangkan pada tempat terpisah driver midbass Focal Be tertanam di bagian pintu bawah yang secara keseluruhan membentuk sistem audio 3-Way.

Seluruh komponen amplifier pada car audio system kali ini memang di tempatkan dalam casing akrilik dengan nuansa warna merah dan ungu tersembunyi yang dapat terlihat menarik dalam bagasi,  begitu juga untuk perkabelan juga tersusun rapi, tidak ada terlihat yang bersliweran, sehingga hanya komponen speakernya saja yang terlihat cukup mencolok.

Di sini untuk reproduksi nada rendah digunakan sebuah Subwoofer produk Ground Zero Plutonium 10 inci yang sebagian kotaknyan juga memanfaatkan bahan akrilik, sehingga terkesan drivernya seolah mengambang di tengah kotak.

Semua perkabelan, baik dari RCA maupun kabel speaker, dipercayakan pada merk Tchernov yang termasuk jenis kabel speaker kelas High Grade yang alurnya tentunya tersembunyi, sehingga terlihat sangat rapi.

Dari hasil pengujian sistem tata suara yang menggunakan komponen pilihan tersebut, memang tak lepas dari kejelian Sang Instaler yang ingin mendapatkan panorama panggung alias soundstaging dengan tingkat akurasi yang mumpuni, tanpa mengurangi estetika dari penampilan mobil secara keseluruhan, walau beberapa komponen dipusatkan dengan mengorbankan bagasi belakang.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.