Amoplusmagz
Gramond ACS-6x : Penghasil Nada Rendah 6 Inch Gramond ACS-6x : Penghasil Nada Rendah 6 Inch
Dari hasil pengujian yang AmoPlus lakukan pada Gramond ACS-6x, karena modelnya dirancang pasif, maka kami mencoba dengan salah satu amplifier monoblok 100 Watt. Dan... Gramond ACS-6x : Penghasil Nada Rendah 6 Inch

Gramond ACS-6x : Penghasil Nada Rendah 6 Inch

Jakarta, amoplusmagz.com – Kita tahu kalo Gramond cukup intens dalam menghadirkan produk-produknya berupa jenis driver speaker atau subwoofer, Namun kali ini Gramond menyuguhkan jenis produk khusus yang dirancang dengan konsep paket yang dikemas bagi para audio mobil mania yang praktis.

Gramond-ACS-6x-amoplusmagz
Oops...
Slider with alias cuteslide2 not found.
Oops...
Slider with alias runslide2 not found.

Produk buatan Gramond yang satu ini memang merupakan sebuah konfigurasi yang telah dikemas secara apik, sehingga membentuk sistem reproduksi nada rendah dengan konsep boks band pass yang mengandalkan kompresi udara menggunakan corong, sehingga driver utamanya tidak tampak, karena berada di dalam boksnya.

Produk dimaksud adalah Gramond ACS-6x, merupakan seri terbaru yang diluncurkan setelah sebelumnya juga seri ACS-6, dimana 6x adalah hasil pengembangan produk terdahalu yang secara umum konsep kotaknya tetap sama, hanya ukuran boksnya memiliki volume lebih besar, yang tentunya untuk dapat menghadirkan frekuensi bawahnya lebih rendah mencapai 35 Hz dibanding seri 6 yang hanya 45 Hz.

Jika sebelumnya Gramond selalu merilis produk-produknya berupa driver “mentah” . kali ini Gramond hadir dengan paket khusus subwoofer untuk memenuhi kebutuhan pada penggunanya dari hasil riset berbulan-bulan dalam merancang boks agar diperoleh hasil optimal dalam mereproduksi nada rendah yang mumpuni. Ini tak lepas dari keinginan Para audio mobil mania yang selalu menunggu waktu lama ketika ingin mendapatkan rancangan boks khusus subwoofer, sehingga Gramond menawarkan solusi tepat dan cepat, alias produk siap pakai.

Dari penampilannya, Gramond ACS-6x selain dimensinya yang tidak terlalu besar, namun terkesan kokoh. Hanya ada sebuah corong udara yang terlihat di bagian muka dengan aksen desain “luwes” serta terdapat logo Gramond cukup besar di samping corong. Sedangkan di bagian belakang hanya terdapat sepasang terminal binding post sebagai jalur masukan dari amplifier. Kami memang tidak membongkar “jeroannya”, namun menurut Sang Perancangnya, terdapat driver sub berukuran 6 inchi, dimana kotaknya terdapat dua chamber sebagai pemisah drivernya.

Dengan diluncurkannya seri ACS-6x, tentunya memberikan pilihan terbaik untuk kebutuhan sistem tata suara khusus low frequency,  dimana merupakan hasil pengembangan konsep kotak yang cara kerjanya mirip dengan model kotak subwoofer bazzoke yang banyak dikembangkan oleh beberapa pabrikan untuk mendapatkan hasil suara yang rendah dengan ukuran driver yang tidak besar. Bahkan untuk Gramond ACS-6x menggunakan driver subwoofer 6 inci yang juga sama digunakan pada seri ACS-6, hanya spesifikasinya ditingkatkan.

Dari hasil pengujian yang AmoPlus lakukan pada Gramond ACS-6x, karena modelnya dirancang pasif, maka kami mencoba dengan salah satu amplifier monoblok 100 Watt. Dan memang tidak diragukan lagi konsep kotak air compression ala Gramond ini memang menghasilkan karakter suara nada rendah yang bersih tanpa terjadi kolorasi, baik dari boks maupun “penyalur” udara dari corong yang ternyata terbuat dari bahan metal, bukan dari bahan plastik yang biasa digunakan pada jenis produk sejenis. Ini tentunya juga merupakan hasil riset, agar dihasilkan frekuensi sangat rendah yang biasanya hanya berupa getaran, mampu diredam oleh bahan sekelas bahan metal (kokoh).

Spesifikasi :

Power Handling : 50 – 150 Watt

Banddwith : 35 – 70 Hz

Dimensi( L×W×H ):420mm x 220mm x 220mm

 

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *