Amoplusmagz
Bagaimana Agar Perangkat Car Audio Jadul Kita Tampil Prima? Bagaimana Agar Perangkat Car Audio Jadul Kita Tampil Prima?
Nah dalam sharing ini penulis ingin berbagi tips dan trick dalam menghandle dan mengembalikan kejayaan suara dari perangkat car audio jadul berkualitas. Bagaimana Agar Perangkat Car Audio Jadul Kita Tampil Prima?

Bagaimana agar perangkat car audio jadul kita tampil prima? Mengingat itu perangkat lama meskipun bisa jadi sangat berkualitas.

Jakarta, amoplusmagz.com – Nah dalam sharing ini penulis ingin berbagi tips dan trick dalam menghandle dan mengembalikan kejayaan suara dari perangkat car audio jadul berkualitas.

asawendo-amoplusmagz
Oops...
Slider with alias cuteslide2 not found.
Oops...
Slider with alias runslide2 not found.
  1. Jangan pelit masalah paket pengiriman. Gunakan peti kayu selagi bisa, lengkapi dengan stryofoam dan bubble wrap bila perlu. Asumsikan bahwa barang car audio jadul kita akan dibanting. Asiik…

 

2.Ketika barang diterima buka dengan hati2 jangan napsu jangan buru2 dan jangan buat istri cemburu! Ahahahahahahaha

 

  1. Bersihkan dari debu! Percaya atau tidak ini salah satu penyebab utama perangkat jadul ngga mau perform dengan optimal. Pakai kuas/mini blower/mini vaccum cleaner. Bersihkan secara merata dan tuntas. Perhatikan kaki2 komponen tempat debu bersarang.

 

  1. Periksa semua kelengkapan dan kelancaranya dari mekaniknya misalnya tombol on off, potensio volume control, kelancaran mekanisme cassettes atau cd player, cek kondisi capasitornya (bocor/kering/mati), jalur pcbnya (short/karat/putus). Ganti mekaniknya atau remajakan komponennya bila perlu. Siapkan juga alkohol, cotton buds, dioxit untuk membersihkan capstan, head dan mekanik yang kecil2 termasuk potensio yang kresek2. Semprotkan dioxit pada potensio dan tombol2 yang penuh kotoran itu. Biarkan dia meresap dalam. Tidak usah  dilap dulu utk sementara. Kenop atau tombol dari alumunium atau kuningan sekalian dibersihkan  dengan pembersih alumunium  atau kuningan.

 

  1. Khusus loudspeaker biasanya suka kita peroleh dengan kondisi dust cap penyok. Nah bagaimana caranya biar balik lagi? Sebenarnya itu tidak terlalu pengaruh ke suara hanya mata ngga enak aja. Jadi lakukan bedah kecil berikut. Gunakan double tape yang bagus. Tempelkan pada dustcap yang penyok. Lalu cari jarum pentul yg kecil. Panaskan dengan korek api ujungnya. Tusukan pada double tape yang sudah ditempel perlahan2 lalu tarik. Plop dust cap sudah balik lagi. Terus bekas lubangnya bagaimana dong? Tutup dengan kutex hitam pinjem punya istri. Kalau ngga ada beliin istri kita. Ingat jangan beli sendiri  ya. Itu berbahaya!

 

  1. Test output dari amplifier/cassette head unit/cd player dll Jika suara mbrebet,.dengung, desis, atau storing. Maka waktunya kita service! Ingat dibalik kerusakan perangkat  audio ada rejeki tukang service. Jadi serahkanlah pada ahlinya…pilihlah mereka  yang amanah dan dapat dipercaya.

 

  1. Khusus cassette head unit lakukan fine tuning dengan cara menset azimuth head cassette deck secara manual. Gunakan  cassette yang rekamannya bagus dan ngga mendem..Atur posisi head sampai suaranya jernih.

 

  1. Cek  dan bersihkan semua kabel rca  kabel power. Perhatikan kalau ada yang koyak/rusak/putus. Hindari menyambung kabel. Atau kalau terpaksa menyambung samakan  ukurannya.

 

  1. Nikmati musiknya,.rasakan feelnya dan aura istimewa dari perangkat jadul berkualitas!

 

Salam Audio

 

Asawendo

Rumah Audio Indonesia

asawendo-amoplusmagz

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *